Make money from your Website or Blog with BidVertiser
Scroll
About
Presentation
Project
Contact
16 jan 2020

5 Trik Mendekorasi Ruangan dengan Gaya Interior Klasik dan Klasik Modern


Sumber : Pinterest.com

Design interior klasik menjadi gaya favorit yang diterapkan pada hunian modern sejak dua tahun terakhir. Arsitektur Yunani kuno merupakan acuan dasar konsep ini. Hal itu terlihat dari penekanan detail fasad, atap, jendela, serta pintu.

Rumah klasik juga identik dengan pilar tinggi dan besar, panel cekung di langit-langit, serta bentuk bangunan simetris. Sepanjang eksteriornya pun dipenuhi molding berkarakter yang rumit.

Meskipun dari segi desain nyaris sama, rumah klasik terdiri dari dua jenis. Pertama,hunian klasik yang masih menonjolkan sisi kesederhanaan. Karena itu, biaya pembangunannya tergolong murah.

Jenis kedua adalah rumah klasik modern dengan konsep lebih mewah dan megah. Lahan yang digunakan untuk membangun hunian tersebut sangat luas. Jadi, pemiliknya tak tanggung dalam mengeksplorasi tema tradisional khas negeri para dewa ini.

Nah, ide interiorgaya klasik ataupun klasik modern tersebut bisa diterapkan pada hunian Anda. Simak trik-triknya berikut ini.

1. Memilih Aksen Ruangan yang Tepat

Referensi garis cornice dan dekorasinya pada langit-langit. Sumber : Pinterest.com

Interior klasik identik dengan warna-warna lembut, seperti cokelat muda, hazelnut, dan taupe. Aksen inilah yang menegaskan sisi glamour, anggun, serta eksotis dalam ruangan. Anda bisa menambahkan garis cornicepada langit-langit. Sentuhan tersebut mampu memberikan efek halus dan indah.

Jika ingin kesan lebih dinamis, cobalah menggabungkan shadingwarna antimainstream. Semisal, aksen kuning dipadukan dengan krem dan cokelat tua. Di samping memunculkan kesan berkelas, keberadaan palet kuning mampu memberikan penyegaran. 

Untuk dekorasi ruangan klasik sederhana, warna mintbisa menjadi solusi. Aksen tersebut tidak hanya menyatu dengan perabot antik, tetapi juga memberikan kesan manis. Anda dapat menerapkannya pada ruang makan atau dapur.

2. Menggunakan Furnitur Mewah dan Elegan

Referensi pemakaian bahan material yang memberikan kesan mewah. Sumber : Pinterest.com

Pemilihan material furnitur untuk rumah klasik harus unik dan mewah yang bisa menegaskan sisi glamourinterior ala hunian klasik.Fokuskan perabot tersebut pada ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tidur. Jika masih ada space, sandingkan dengan dekorasi tanaman atau patung khas Romawi kuno.

Baca juga : 6 Kesalahan Umum Mendekorasi Ruangan yang Harus Dihindari

3. Menyontek Gaya Interior Industrial Klasik Italia untuk Kamar Tidur

Referensi gaya klasik pada kamar tidur. Sumber : Pinterest.com

Meskipun fungsi utama kamar tidur sebagai tempat istirahat, tidak ada salahnya memoles interior dengan gaya industrial klasik Italia. Konsep ruangan ini adalah menggabungkan bahan industri, seperti kayu, sutra, dan kulit.

Agar memberikan kesan romantis dan hangat, biasanya ditambahkan aksesori. Semisal, lukisan klasik, cermin berbingkai artistik, serta guci keramik. Tidak ketinggalan, lampu gantung yang menawan dijadikan sumber pencahayaan sekaligus pemanis ruangan.

Adapun dinding kamarnya, merujuk pada aksen interior restoran ternama di Italia. Jadi, warnanya cenderung kalem dan elegan. Anda bisa menerapkan krem, cokelat muda, atau motif pastel. 

4. Memasang Lantai dengan Bahan Berkelas 

Referensi pemakaian marmer dan karpet. Sumber : Pinterest.com

Lantai adalah salah satu unsur utama dalam rumah klasik yang memberikan efek mewah. Sebagai pelapis dasar, bisa menggunakan material batu alam, marmer, kuarsa, atau kayu. Untuk pemanisnya, tambahkan karpet sintetis berbahan polyestermaupun nilon. Jangan lupa, pilih warna karpet yang selaras dengan interior.

Dari semua bahan dasar lantai tersebut, marmer merupakan opsi terbaik. Namun, bagi yang bujetnya terbatas, bisa memilih keramik sebagai pengganti. Supaya kesan mewah tak hilang, belilah keramik bercorak marmer.

5. Menerapkan Warna Gelap pada Gorden

Referensi pemakaian gorden berwarna gelap. Sumber : Pinterest.com

Gorden untuk interior rumah klasik harus menonjolkan sisi kemewahan. Beberapa rumah klasik kerap menggunakan gorden bergaya Spanyol dengan lapisan tirai tipis. Umumnya, penutup tersebut berwarna putih.

Baca juga : 8 Jenis Material Finishing Interior yang Wajib Anda Ketahui

Sementara itu, gordennya cenderung beraksen lebih gelap ketimbang corak dinding. Semisal, dinding berwarna cokelat muda, berarti gorden bermotif cokelat tua. Namun, hindari warna yang terlalu kontras agar tetap selaras.

Rumah gaya klasik maupun klasik modern terus mengalami perkembangan seiring kemajuan teknologi. Jadi, Anda tak perlu mencemaskan anggapan ketinggalan zaman atau kurang mengikuti tren. Dengan interior design klasik, desain hunian tetap tampak canggih dan kekinian. Yuk, coba trik ini!