Make money from your Website or Blog with BidVertiser
Scroll
About
Presentation
Project
Contact
16 jan 2020

6 Kesalahan Umum Mendekorasi Ruangan yang Harus Dihindari


Sumbercontemporist.com

Penataan ruang sangat berpengaruh terhadap suasana hati si penghuni rumah, lho. Desain ruang yang monoton alias itu-itu saja tentu akan membuat Anda cepat bosan dan bukan tidak mungkin menjadi kurang produktif. Solusinya adalah mendekorasi ulang ruangan, entah dengan mengubah posisi furnitur, menambahkan hiasan di meja/dinding, atau mengecat tembok dengan warna baru yang disukai.

Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan kekeliruan ketika menata ulang rumah. Nah, apa saja, sih, kesalahan mendekorasi ruangan yang paling sering dilakukan?

1. Tidak Punya Konsep

Referensi ruangan dengan konsep yang berani. Sumber : contemporist.com

Menentukan konsep dekorasi dengan jelas adalah poin yang tidak boleh diabaikan. Konsep yang matang tidak hanya akan memunculkan karakter ruang, tetapi juga meningkatkan rasa puas dalam diri. Sebelum eksekusi, pertimbangkan dengan baik hal-hal berikut: pemilihan warna, peletakkan furnitur, jenis hiasan, dan jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan ukuran ruangan.

Jika masih bingung dengan konsep, cobalah mencari referensi dari majalah atau internet. Di sana ada banyak sekali ide dekorasi ruang yang bisa dicontoh. Atau, Anda bisa memercayakan penataan ruang pada penyedia jasa interior designprofesional seperti Griya Mitra Interior.

2. Ruangan yang Minim Pencahayaan

Referensi ruangan dengan bukaan jendela yang lebar. Sumber : contemporist.com

Cahaya yang minim tidak hanya membuat ruangan terasa gelap, tetapi juga sumpek dan tidak sehat. Sebaiknya, atur posisi furnitur berukuran besar, semacam lemari atau rak, agar tidak menghalangi cahaya matahari yang masuk ke ruangan. 

Poin plus jika jendela ruang Anda berukuran cukup besar, karena sinar matahari yang masuk juga semakin banyak. Anda pun dapat menghemat listrik di siang hari. Sebaliknya, jika cahaya yang masuk terlalu banyak, manfaatkan saja tirai berbahan tipis sebagai filter.

3. Ukuran Furnitur yang Tidak Sesuai

Referensi pemilihan furnitur untuk ruangan yang tidak terlalu luas . Sumber : contemporist.com

Ukuran furnitur atau perabot hendaknya disesuaikan dengan luas ruangan itu sendiri. Jika ruangan tidak begitu lega, hindari meletakkan furnitur berukuran besar. Selain sumpek dan mengganggu, hal ini juga akan mengurangi nilai estetika. Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan furnitur minimalis yang sekarang sudah banyak terdapat di pasaran.

4. Corak dan Warna yang Tidak Sesuai

Referensi pemilihan warna netral yang menyatukan secara keseluruhan. Sumber : Pinterest.com

Anda boleh saja cinta mati pada warna merahdan kuning menyala. Namun, pertimbangkan kembali ketika ingin mengaplikasikan kedua warna itu pada ruangan yang sama, baik pada cat tembok maupun pemilihan warna furnitur.

Perpaduan warna yang tidak tepat akan membuat ruangan terasa sempit dan tidak sedap dipandang. Jika Anda tetap ingin memadukan dua corak dalam satu ruang, pastikan salah satu dari kedua warna tersebut adalah warna netral, misalnya putih,hitamsebab warna ini sangat cocok dipasangkan dengan warna apa saja.

5. Terlalu Banyak Hiasan

Referensi lukisan sebagai pemecah kekakuan dari sebuah ruangan. Sumber : Sumber : contemporist.com

Hiasan memang bisa berfungsi sebagai pemanis sekaligus pelengkap ruang. Namun, terlalu banyak memajang aksesori juga bukan pilihan yang bijak. Pasanglah hiasan seperlunya, baik di meja maupun dinding. Hindari memasang foto berderet-deret, terlebih jika ruangan Anda cukup sempit. 

Pertimbangkan juga ukuran hiasan dengan luas ruangan. Ingat, Anda hanya boleh memajang lukisan atau foto berukuran besar pada ruangan yang luas, begitu pun sebaliknya. Corak hiasan juga wajib disesuaikan dengan warna dinding, ya.

6. Pemilihan Motif Karpet

Referensi pemakaian warna karpet netral yang memberikan nuansa tenang Sumber : contemporist.com

Jika Anda ingin memasang karpet pada ruangan, pilihlah yang bermotif kalem, netral, atau bahkan tanpa corak sama sekali. Alas lantai dengan motif semacam ini akan menciptakan kesan luas dan tenang pada ruang. Sesuaikan juga warnanya dengan cat dinding ruangan. Jangan sampai motifnya berlawanan dengan warna tembok.

Baca juga : 7 Tips Memilih Warna yang Pas untuk Sebuah Ruang

Nah, demikian beberapa kekeliruan yang sering dilakukan saat mendekorasi ruangan. Untuk keperluan dekorasi atau desain interior ruang, percayakan saja pada Griya Mitra Interior. Selain menawarkan beragam pilihan desain yang inovatif, kami juga siap melayani Anda dengan servis terbaik. 

Tidak hanya mengerjakan proyek pada sektor privat seperti rumah tinggal, Griya Mitra Interior design Cilacap juga siap memberikan layanan terbaik bagi Anda yang menginginkan penataan pada ruang publik, seperti kantor, apartemen, dan bangunan komersil lainnya. Griya Mitra Interior, partner tepercaya dalam mewujudkan hunian impian!