Make money from your Website or Blog with BidVertiser
Scroll
About
Presentation
Project
Contact
12 jan 2020

7 Tips Memilih Warna yang Pas untuk Sebuah Ruang


Memilih cat untuk diaplikasikan pada dinding ruangan atau rumah ternyata gampang-gampang susah. Selain ada banyak sekali warna cat tembok yang bagus, Anda juga harus mempertimbangkan faktor lain, seperti jenis dan luas ruangan, warna furnitur pendukung, selera pribadi, dan sebagainya. Tidak perlu bingung, berikut panduan memilih warna yang pas untuk diaplikasikan pada ruangan.

1. Sesuaikan dengan Tema Ruangan

Hal pertama yang wajib dipertimbangkan ketika memilih cat adalah menyesuaikannya dengan tema dan fungsi ruang. Misalnya, warna terang seperti ungu atau biru cocok diaplikasikan di dinding kamar tidur, sedangkan warna terang dan kalem akan lebih pas jika disapukan pada dinding ruang kerja.

Pemilihan warna ini akan sangat memengaruhi mood dan produktivitas Anda. Jadi, jangan sampai keliru mengaplikasikan dan memilih warna, ya! Jika masih kurang yakin, diskusikan dulu dengan pasangan atau keluarga Anda.

2. Coba di Area Tersembunyi

Setiap warna memiliki banyak sub-warna yang coraknya sangat mirip. Nah, kalau Anda belum begitu yakin dengan suatu warna, cobalah dulu aplikasikan pada area tersembunyi, misalnya di kamar mandi atau ruang lain yang tidak begitu luas. Jika cocok, Anda bisa melanjutkan pengecatan pada ruangan yang diinginkan.

3. Pertimbangkan Sinar Matahari

Anda mungkin penyuka warna-warna gelap seperti biru tua dan ingin mengaplikasikannya pada ruangan tertentu di rumah. Hal ini sah-sah saja. Namun, ingat, pastikan cahaya matahari yang masuk ke ruang tersebut cukup. Ruangan yang dicat dengan warna tua tanpa mendapat sinar matahari yang cukup akan terasa sumpek, gelap, dan sempit.

Hal ini tentu akan sangat mengganggu kegiatan dan produktivitas sehari-hari, terlebih jika ruangan tersebut merupakan sudut favorit Anda untuk bekerja atau sekadar bersantai. Nah, alternatifnya, Anda bisa mengaplikasikan cat berwarna terang pada ruang yang minim cahaya matahari.

Baca juga : 7 Trik Kreatif Mendesain Ruangan yang Sempit agar Tampak Luas

4. Kombinasi Cat Tembok dan Cat Kusen

Tidak seperti dulu, sekarang pilihan warna untuk pintu dan kusen jendela dari kayu terbilang jauh lebih beragam, sehingga Anda bisa mengecatnya sesuai keinginan. Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan nilai keindahan ruangan. Hindari mengaplikasikan warna cat pintu/jendela yang terlalu bertabrakan dengan cat tembok. Sebagai contoh, tembok Anda dicat dengan warna hijau tua dan pintu/jendelanya berwarna oranye. Itu salah.

Agar lebih aman, pelajari dulu tabel atau lingkaran warna yang biasanya terdapat di dalam kemasan cat, atau bisa juga melihat di internet. Referensi ini akan memudahkan Anda dalam memilih paduan warna yang sesuai, termasuk jika Anda tertarik dengan saturasi warna.

5. Perhatikan Luas Ruangan

Pilihan warna cat akan menciptakan ilusi atau kesan tertentu pada ruangan. Cat berwarna terang dan kalem akan membuat ruang terasa lebih luas. Sebaliknya, cat dengan warna-warna yang gelap dan tegas akan memberikan efek sempit ruangan. Nah, jangan lupakan poin ini ketika memilih warna cat, ya!

6. Warna Langit-Langit

Apa pun warna yang Anda pilih dan aplikasikan pada dinding, pakailah cat warna putih polos pada eternit atau langit-langit rumah Anda. Trik ini akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan tinggi, sehingga nuansa lega bisa Anda rasakan begitu memasuki ruang. Warna putih polos juga akan menampilkan kesan bersih dan mewah pada ruangan.

7. Konsultasikan pada Ahlinya

Keenam tips di atas sudah dicoba, tetapi Anda masih bingung memilih warna? Serahkan saja pada ahli design interior. Selain lebih berpengalaman di bidang penataan ruang, mereka juga memiliki masukan-masukan berharga yang mungkin Anda butuhkan dalam mendekorasi ruangan, termasuk dalam hal pemilihan warna cat.

Nah, salah satu interior design yang siap membantu Anda menyulap sudut favorit adalah Griya Mitra Interior. Kami siap memberikan layanan terbaik untuk Anda dengan desain yang inovatif dan servis yang ramah.

Selain berfokus pada proyek privat seperti rumah tinggal, kami juga sudah biasa menangani proyek dekorasi pada bangunan publik, seperti apartemen, gedung perkantoran, serta bangunan komersil lainnya. Tunggu apa lagi? Percayakan kebutuhan dekorasi ruang Anda pada Griya Mitra Interior