Make money from your Website or Blog with BidVertiser
Scroll
About
Presentation
Project
Contact
16 jan 2020

7 Trik Kreatif Mendesain Ruangan yang Sempit agar Tampak Luas


Sumber : contemporist.com

Kejenuhan terhadap arsitektur monoton pada hunian besar yang perawatannya ribet kerap menjadi latar belakang masyarakat untuk membeli rumah minimalis. Namun, mereka sering kali kebingungan mengatur interiornya karena terlalu sempit. Padahal, hal itu bisa diatasi dengan trik khusus.

Sebagai solusi, berikut ini ada 7 cara dekorasi ruangan kecil agar terlihat luas dan lega. Apa saja? 

1. Terapkan Aksen Warna Cerah di Dinding Ruangan

Referensi warna biru navy. Sumber : Pinterest.com

Menciptakan kesan luas pada ruangan bisa dengan memainkan aksen warna. Meski konsepnya harus cerah, Anda tak harus memoleskan putih, krem ataupun warna kalem lainnya. Sesuai trend interior 2020, palet merah menyala atau biru navy pun dapat diterapkan. Kalau ingin membentuk ilusi separasi, pilih kombinasi biru hijau turquoise.

2. Mengurangi Sekat Ruangan

Referensi ruang makan, dapur dan ruang keluarga tanpa penyekat . Sumber : Pinterest.com

Pembatas dalam interior hunian memang diperlukan untuk menjaga privasi penghuninya. Namun, Anda harus mengurangi bagian ini jika ingin ruangan tampak luas. Semisal, dengan menghilangkan partisi antara ruang makan, ruang keluarga, dan dapur.

Andaipun menggunakan sekat, pilih yang berbahan nonpermanen. Contohnya, partisi kaca buram dengan bingkai kayu, lemari bufet, dan tanaman alami. Agar terlihat dinamis, Anda bisa menambahkan dekorasi foto atau guntingan geometri berwarna putih.

Baca juga : 5 Tips Interior Rumah Gaya Zen agar Menyatu dengan Alam

3. Pasang Jendela Besar untuk Pencahayaan Maksimal

Referensi ruang dengan jendela besar segaris dengan sofa . Sumber : Pinterest.com

Trik ini bisa Anda terapkan di ruang tamu yang sempit. Pasanglah jendela besar berbahan kaca tepat segaris dengan sofa. Lalu, letakkan meja kecil di depannya atau tanaman di tepi jendela sebagai pemanis interior.

Penggunaan jendela besar juga dapat diimplementasikan sebagai dekorasi kamar sempit. Letakkan jendela yang dihiasi tirai minimalis tepat di samping tempat tidur. Atau bisa dipasang berhadapan dengan ranjang untuk menciptakan kesan lebih luas.

4. Gunakan Perabot Minimalis yang Multifungsi

Referensi meja yang bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan . Sumber : Pinterest.com

Referensi meja yang bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan puff . Sumber : Pinterest.com

Selagi luas ruangan di hunian Anda terbatas, kurangi jumlah perabot besar. Gantilah dengan furnitur simpel, praktis, dan multifungsi. Artinya, mebel tersebut bisa dipakai untuk menyimpan berbagai jenis barang.

Semisal, Anda membutuhkan meja dan tempat penyimpanan buku untuk diletakkan di ruang keluarga. Agar tidak memakan banyak space, jadikan bagian bawah meja sebagai laci. Upayakan membuat yang berukuran besar supaya bisa menampung benda lainnya.

5. Memilih Lantai Berpola Garis

Referensi ruang sempit dengan penggunaan parquet motif garis . Sumber : Pinterest.com

Lantai merupakan tempat berpijak, lalu lalang, serta penghubung ruangan. Karena itu, pelapis ini harus memiliki tekstur kuat. Warna, bahan, dan polanya pun mesti serasi untuk membentuk kesan estetik tinggi.

Khusus ruangan sempit, sebaiknya pilih lantai dengan motif garis atau strip. Supaya terkesan luas, Anda bisa menggunakan pola horisontal. Pemilihan warnanya juga harus diperhatikan agar tidak terlihat suram. Semisal, sentuhan cokelat khas kayu, putih, atau hijau muda.

6. Meletakkan Cermin Besar sebagai Dekorasi Ruangan

Referensi ruang sempit dengan penggunaan cermin di belakang sofa . Sumber : Pinterest.com

Anda punya ruang tamu yang bentuknya memanjang, tetapi sempit? Untuk menciptakan ilusi visual, pasanglah sebuah cermin besar di belakang sofa. Bagaimana cermin bisa menjadikan ruangan tampak luas? Begini, cahaya yang masuk dari jendela akan dipantulkan oleh cermin. Pantulan ini pastinya menyebar ke seluruh ruangan sehingga terlihat lebih besar dan lega.

7. Untuk Dekorasi Kamar Tidur, Tambahkan Wallpaper


Referensi penggunaan wallpaper di atas tempat tidur . Sumber : Pinterest.com

Menyiasati kamar tidur sempit bisa dengan memasang wallpaper di dinding, tepatnya di atas tempat tidur. Pilih yang motifnya selaras dengan perabot lain agar terkesan artistik. Pastikan wallpaper tersebut berwarna soft untuk menciptakan kesan lebih luas daripada ukuran sebenarnya.

Perhatikan juga gambar pola atau corak wallpaper supaya tidak bertentangan dengan lantai ataupun dinding. Semisal, lantai berwarna gelap, berarti pilih wallpaper cerah. Jika memungkinkan, Anda bisa menambahkan pigura kayu sebagai pemanis dekorasi tersebut.

Seni Mural, Pilihan Favorit Para Pehobi Desain Interior

Jadi, apakah sudah menemukan inspirasi untuk membenahi ruangan yang sempit di hunian Anda? Sebenarnya, masih banyak ide interior yang dapat diterapkan agar interior terlihat luas. Namun, sebagai permulaan, Anda bisa mencoba trik kreatif di atas. Semoga berhasil!